BunSayIIP Lv4: Mengamati Gaya Belajar Day15

Bila menyukai sesuatu, Luthfan (24 bulan) biasanya meminta hal tersebut diulangi lagi berulang kali tanpa bosan. Entah itu berupa cerita (auditori), buku cerita (visual dan auditori), menggambar (visual), ataupun permainan seperti permainan kereta cepat yang lalu (auditori dan kinestetik).

Orang tua khususnya bunda harus bisa bersabar mengulangi lagi dan lagi meski mulai lelah dan bosan. Agar tidak lekas bosan, bunda bisa ingat hal ini ya bun: ketika anak sedang meminta kita mengulang-ulangi sesuatu, sesungguhnya ia sedang belajar tentang hal tersebut. Siapa tahu di setiap ulangan, ada hal baru yang bisa ia pelajari. Artinya semakin banyak diulangi akan semakin bagus, jadi jangan cepat bosan ya Bun..

Bunda sedang mengingat. Dulu, ketika awal-awal belajar menulis/corat-coret, Luthfan seringnya meminta ayah dan bunda yang menggambar untuknya, sementara ia hanya melihat saja. Sekali atau dua kali bunda dan ayah berikan pensilnya kepada Luthfan untuk ia pakai menulis. Tapi ketika itu belum banyak yang ia gambar, lebih banyak gambar ayah dan bundanya. Satu buku gambar berisi seratus lembar kertas habis dalam waktu cukup lama. Sementara buku gambar keduanya habis dalam waktu kira-kira dua pekan. Mulai saat buku ketiga, Luthfan banyak menggambar sendiri. Buku ketiganya habis hanya dalam waktu sepekan. Dan buku keempat yang baru diberi tiga hari yang lalu sekarang sudah hampir habis, sebagian besar diisi oleh coretannya Luthfan.

Luthfan biasanya meminta ayah dan bunda menggambarkan untuknya: gambar tram, kereta api cepat, lokomotif, bis, lampu taman, atau mobil ambulance. Ia meminta hal-hal di atas digambarkan berulang-ulang, khususnya ketika awal-awal di buku pertama dan buku kedua tadi. Sedangkan di buku ketiga dan keempat, sudah lebih banyak Luthfan yang mencoret. Terkadang juga ia minta melengkapi gambar (ayah membuat badan bis, Luthfan yang membuat rodanya). Coretannya pun kini ia beri nama, sesuai dengan yang biasa ayah dan bunda gambarkan: ada tram, kereta cepat, bis, dan lampu taman. Dan bunda perhatikan, caranya mencoret mirip seperti bagaimana ayah dan bunda mencoba membuat gambar. Misalnya ia membuat dua garis sebagai tiang lampu taman.

Hm.. saat ia meminta bunda dan ayah mengulangi menggambar benda-benda favoritnya, sebenarnya saat itu Luthfan sedang belajar meniru cara membuat gambar tersebut ya. Tapi ini berarti visual ya bun..

 

#HariKe-15
#Tantangan10Hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunSayIIP

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s